Web Hosting

Senin, 16 April 2012

SATUAN LISTRIK

 TEGANGAN LISTRIK DAN SATUANNYA

Dalam teori elektron telah dijelaskan bahwa arus listrik adalah perpindahan elektron dari satu zat ke zat yang lainnya. Jika muatan listrik dalam suatu zat terlampau banyak atau sedikit, maka pada benda itu akan timbul desakan yang akan mengakibatkan timbulnya perbedaan (tekanan). Perbedaan tekanan ini dalam teori listrik disebut TEGANGAN LISTRIK.
Untuk mengukur tinggi rendahnya tegangan dan beda tegangan kita menggunakan satuan VOLT atau dapat singkat dengan simbol V.
Volt berasal dari nama seorang sarjana kimia bangsa italia, yaitu ALESANDRO GLUSEPPE ANTONIO ANAS TASIO VOLTA (1755-1857) sebagai penemu elemen volta.
Tegangan listrik biasanya di tuliskan dengan notasi E. Seperti juga mata uang mempunyai angka pecahan, satuan listrik juga mempunyai angka satuan besar dan angka satuan yang lebih kecil satuan yang lebih tinggi dari volt adalah :

1 Kilo Volt = 1KV = 1000 V =103 V
1 Mega Volt = 1MV = 1.000.000 V = 106 V

Satuan yang lebih rendah dari volt adalah :

1 Mili Volt = 1mV = 0,001 V = 10-3 V
1 Micro Volt = 1µV = 0,000001 V = 10-6 V

Pecahan ini dalam pemakaian sehari-hari berlaku juga untuk satuan listrik lainya.

• Cara mengukur tegangan :
Sobat dapat melakukan percobaan ini sendiri di rumah atau di mana saja.
Tujuan :
a. Agar sobat dapat mengetahui bagaimana caranya mengukur tegangan arus listrik searah.
b. Agar sobat dapat mengetaui cara mempergunakan alt ukur listrik.

• Alat-alat yang digunakan :
a. Sebuah alat ukur yang disebut AVO meter.
b. Sebuah baterai kering 1,5 Vol.

• Cara mengukur (Lihat gambar)





Pertama-tama letakan batas ukur AVO meter pada skala dengan posisi DC, lalu tempelkan salah satu ujung kawat pengukur yang bertanda positif (+) pada kutub baterai, tempelkan ujung kawat yang bertanda negatif (-) pada kutub baterai lainya. Sekarang lihatlah jarum pada skala AVO meter. Jarum akan menunjuk pada angka yang sesuai dengan besarnya tegangan pada baterai, apabila penunjukan jarum terbalik maka tukarlah ujung kawat AVO meter, kemungkinan sobat salah meletakkan positif dan negatifnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web Hosting